Studi Literatur Sebagai Optimalisasi Analisis Informasi
Edukasi

Studi Literatur sebagai Optimalisasi Analisis Informasi

Contoh tinjauan pustaka:

1. Penelitian sebelumnya oleh Johnson et al. (2015) menunjukkan bahwa konsumsi kafein secara teratur dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi. Namun, hasil dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa konsumsi kafein berlebihan dapat mengakibatkan kelelahan dan kecemasan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan dosis kafein yang tepat agar memberikan manfaat tanpa efek samping yang merugikan.

2. Penelitian terbaru oleh Smith et al. (2018) menemukan bahwa latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Pengaruh positif tersebut terutama terlihat pada individu yang mengalami tekanan emosional dan kecemasan. Namun, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa latihan yang terlalu intens dapat menyebabkan kelelahan dan cedera, sehingga pemilihan jenis latihan dan intensitasnya perlu dipertimbangkan dengan hati-hati.

3. Studi oleh Jones et al. (2017) mengidentifikasi beberapa faktor yang berkontribusi pada tingginya tingkat pengangguran di negara-negara berkembang. Faktor-faktor tersebut antara lain kurangnya investasi dalam sektor industri dan pendidikan, korupsi, dan kebijakan yang tidak efektif dalam mempromosikan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini memberikan informasi penting bagi pemerintah dan organisasi internasional dalam merumuskan kebijakan ekonomi yang tepat untuk mengatasi masalah pengangguran di negara-negara berkembang.

4. Penelitian meta-analisis oleh Wang et al. (2020) menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin D dalam dosis yang tepat dapat membantu meningkatkan kekuatan otot pada orang dewasa yang lebih tua. Vitamin D terbukti berperan dalam pengaturan pertumbuhan dan fungsi otot, sehingga suplemen ini dapat menjadi pilihan yang efektif untuk mencegah kelemahan dan kehilangan massa otot pada orang dewasa yang lebih tua.

5. Penelitian oleh Lee et al. (2016) menemukan bahwa pengaruh kebersihan lingkungan pada kesehatan secara keseluruhan sangat signifikan. Contohnya, skala infeksi saluran pernapasan pada anak-anak dapat dikurangi hingga 23% dengan menjaga kebersihan lingkungan secara rutin. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa menerapkan perilaku hidup sehat, seperti rutin mencuci tangan dan membersihkan rumah, dapat membantu mencegah penyakit dan infeksi.

Referensi lainnya untuk contoh tinjauan pustaka

Beberapa situs yang dapat dijadikan referensi untuk membantu menulis tinjauan pustaka adalah Google Scholar, ScienceDirect, dan JSTOR.

Untuk buku referensi, ada beberapa buku yang dapat dijadikan rujukan seperti “Research Methods for Business” karya Uma Sekaran dan Roger Bougie, “The Literature Review: Six Steps to Success” karya Lawrence A. Machi dan Brenda T. McEvoy, serta “The Craft of Research” karya Wayne C. Booth, Gregory G. Colomb, dan Joseph M. Williams.

Tokoh referensi yang dapat dijadikan inspirasi dalam menulis tinjauan pustaka adalah John W. Creswell, seorang profesor metodologi penelitian di University of Nebraska-Lincoln dan pendiri Center for Mixed Methods Research, dan Aaron Swartz, seorang aktivis internet dan programmer yang terkenal karena hal-hal yang ia lakukan dalam mempromosikan akses terbuka ke sumber daya akademik.

Demikianlah pembahasan kami mengenai topik contoh tinjauan pustaka. Selamat belajar dan semoga tulisan dari tim APEC2013.or.id ini dapat memberikan manfaat yang berharga dalam pemahaman Anda.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *