Kumpulan Cerita Legenda Dan Mitos Dari Berbagai Daerah Di Indonesia
Edukasi

Kumpulan Cerita Legenda dan Mitos dari Berbagai Daerah di Indonesia

1. Legenda Roro Jonggrang Roro Jonggrang adalah putri dari seorang raja yang bernama Prabu Boko. Ada seorang raksasa bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta pada Roro Jonggrang dan meminta Roro Jonggrang untuk menjadi istrinya. Namun, Roro Jonggrang menolak lamaran Bandung Bondowoso. Akibatnya, Bandung Bondowoso marah dan menyatakan perang. Roro Jonggrang kemudian mengajak masyarakat untuk membantu membangun 1000 candi dalam semalam. Hal ini dilakukan agar Bandung Bondowoso kalah dan kabur. Namun, pada saat yang terakhir, Roro Jonggrang menyuruh masyarakat berteriak dan menyalakan api, sehingga Bandung Bondowoso gagal dalam menyelesaikan tugasnya. Dalam kemarahannya, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu candi.

2. Legenda Banyuwangi Legenda Banyuwangi menceritakan tentang seorang putri cantik bernama Dewi Kilisuci yang tinggal di kerajaan Banyuwangi. Suatu hari, Banyuwangi diserang oleh pasukan dari kerajaan tetangga. Untuk menghindari kekalahan, Dewi Kilisuci meminta bantuan dari Mbah Gandring, seorang dukun sakti yang tinggal di hutan. Mbah Gandring memberi Dewi Kilisuci sebuah senjata yang bernama keris Taming Sari. Dengan senjata tersebut, Dewi Kilisuci berhasil mengalahkan musuhnya. Namun, Dewi Kilisuci jatuh cinta pada Damarwulan, pemimpin pasukan musuh. Mereka akhirnya menikah dan hidup bahagia selama bertahun-tahun.

3. Legenda Malin Kundang Malin Kundang adalah seorang anak miskin yang berasal dari Sumatra. Suatu hari, ia berhasil menjadi orang kaya dan terkenal di luar negeri. Namun, ketika ia pulang ke kampung halamannya untuk menjenguk ibunya, ia menolak mengakuinya karena malu pada lingkungannya yang miskin. Ibunya kemudian mengutuknya dan Malin Kundang menjadi batu di tepi pantai.

4. Legenda Sangkuriang Sangkuriang adalah seorang pemuda yang jatuh cinta pada ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Dayang Sumbi memberikan syarat pada Sangkuriang untuk membangun sebuah danau dan gunung dalam semalam. Sangkuriang hampir berhasil, tetapi ia gagal pada saat terakhir. Kemudian, ia marah dan memukul sapu yang digunakan untuk membangun gunung tersebut sehingga sapu tersebut terbalik dan menjadi Kapuas. Dayang Sumbi yang sedih karena putus asa akhirnya meminta Sangkuriang untuk menjadi suaminya. Sangkuriang tidak menyadari bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya sendiri. Ketika Sangkuriang menyadari kesalahannya, ia marah dan menendang gunung yang dibangunnya. Gunung tersebut kemudian terbelah dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Referensi lainnya untuk contoh cerita legenda

Ada beberapa rekomendasi situs, buku, dan tokoh referensi yang bisa dijadikan acuan untuk menimba ilmu dan inspirasi dalam menulis atau mempelajari cerita legenda, antara lain:

1. Situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia. Di situs ini terdapat berbagai sumber referensi, termasuk cerita legenda, yang bisa didownload secara gratis. Contohnya, kamu bisa mencari cerita legenda “Bawang Merah dan Bawang Putih”, “Roro Jonggrang”, “Keong Emas”, dan lain-lain.

2. Situs resmi Museum Nasional Indonesia. Sebagai museum dengan koleksi terbanyak di nusantara, Museum Nasional jelas memiliki banyak kisah legenda yang tak kalah menarik. Koleksi ini dapat dijadikan referensi untuk pekerjaan tertentu atau hanya sekadar menambah wawasan. Kamu bisa mengunjungi situsnya di http://www.museumnasional.or.id.

3. Buku “100 Cerita Legenda Indonesia” karya Rangga Wirianto Putra. Buku karangan Rangga Wirianto Putra ini menyajikan 100 cerita legenda dari berbagai daerah di Indonesia dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan dikemas dalam format yang menarik. Buku ini bisa kamu dapatkan di toko buku atau situs belanja online.

4. Karlina Supelli. Profesor Antropologi Budaya di Universitas Indonesia ini dikenal sebagai salah satu tokoh yang banyak meneliti dan menulis tentang budaya Indonesia, termasuk cerita rakyat dan legenda. Karya-karya beliau yang berjudul “Riwayatmu Kini” dan “Dari Bidadari ke Pulau Hantu” patut dijadikan acuan untuk lebih mengenal legenda-legenda di Indonesia.

Terima kasih telah membaca pembahasan kami mengenai topik contoh cerita legenda. Selamat belajar dan semoga tulisan ini memberikan manfaat yang besar bagi Anda.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *