Contoh Tari Kreasi Baru Dalam Seni Pertunjukan
Edukasi

Contoh Tari Kreasi Baru dalam Seni Pertunjukan

Contoh 1: Tari Kuncung Putih adalah salah satu kreasi baru dari Indonesia yang dipresentasikan oleh Sanggar Tari Setia Budi di Taman Mini Indonesia Indah. Tarian ini terinspirasi dari dongeng Jawa yang berkisah tentang seorang wanita yang terbuang ke hutan karena dianggap buronan. Di sana, ia menemukan kuncung putih yang membawanya kepada keberuntungan.

Contoh 2: Tari Padungdung adalah kreasi baru dari suku Batak yang berasal dari Sumatra Utara. Tarian ini menggabungkan gerakan-gerakan yang dipengaruhi oleh tari modern dan tradisional. Padungdung biasanya dipentaskan pada acara adat seperti pernikahan atau upacara adat lainnya.

Contoh 3: Tari Chandra Kirana adalah kreasi baru dari Sanggar Tari Bali Dwipa yang dipentaskan di Bali Arts Festival. Cerita tari ini berkisar tentang cinta segitiga antara Chandra Kirana, Bagaspati, dan Prabu Menakjingga. Tarian ini menggabungkan gerakan-gerakan dari tari Bali dan Jawa serta musik gamelan dan arak-arakan.

Referensi lainnya untuk contoh tari kreasi baru

Ada beberapa situs dan toko referensi yang dapat membantu Anda dalam mencari contoh tari kreasi baru. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. situs tembi.net
Situs ini menyajikan berbagai macam informasi seputar seni dan budaya Indonesia, termasuk tari kreasi baru. Anda dapat menemukan contoh tari kreasi baru yang dihasilkan oleh para seniman Indonesia di situs ini. 2. buku “Seni Tari Kreasi Baru” oleh Retno Maruti
Buku ini akan membantu Anda memahami konsep tari kreasi baru dan memberikan inspirasi dalam membuat tarian yang kreatif. Buku ini berisi contoh-contoh tari kreasi baru yang dapat diadaptasi dan dimodifikasi. 3. tokoh Nenden Rusmini
Beliau adalah seorang coreografer tari yang telah menciptakan banyak tari kreasi baru. Anda dapat melihat karya-karyanya di berbagai acara seni dan budaya di Indonesia.

Demikianlah pembahasan kami mengenai topik contoh tari kreasi baru. Selamat belajar dan semoga tulisan dari tim APEC2013.or.id ini dapat memberikan manfaat yang berharga dalam pemahaman Anda.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *