Contoh Pengamatan Atau Contoh Observasi Secara Formal
Edukasi

Contoh Pengamatan atau Contoh Observasi Secara Formal

Contoh observasi 1:

Saya melakukan observasi di sebuah taman kota pada hari Minggu pagi. Saya memperhatikan bahwa banyak keluarga yang datang ke taman tersebut untuk bersantai dan berolahraga. Beberapa orang menjogging di jalur yang telah disediakan, sedangkan yang lain duduk di bangku atau karpet piknik untuk menikmati matahari pagi. Selain itu, ada juga kelompok orang yang sedang berkumpul untuk bermain sepak bola. Dari pengamatan saya, taman kota ini menjadi salah satu tempat favorit warga untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Contoh observasi 2:

Saya melakukan observasi pada sebuah jalan raya di daerah perkotaan pada jam sibuk. Saya melihat bahwa banyak kendaraan yang bergerak lambat dan mengalami kemacetan. Ada beberapa kendaraan yang melintas di jalur sebelah kanan untuk melewati kendaraan yang bergerak lambat. Namun, banyak pula kendaraan yang tidak sabar dan nekat menyerobot jalur dan terkadang melanggar aturan lalu lintas. Hal ini menyebabkan lalu lintas semakin tersendat dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Dari pengamatan saya, kondisi kemacetan di jalan raya ini perlu mendapatkan perhatian serius dari pihak berwenang.

Contoh observasi 3:

Saya melakukan observasi pada sebuah toko buku berukuran kecil di pusat kota. Saya melihat bahwa toko buku ini menyediakan banyak pilihan buku, mulai dari buku pelajaran, novel, hingga majalah. Toko buku ini juga menyediakan meja dan kursi untuk membaca dan membeli buku secara nyaman. Selain itu, saya juga mendapati bahwa toko buku ini sedang mengadakan diskon besar-besaran untuk beberapa judul buku tertentu. Banyak pengunjung yang datang ke toko buku tersebut untuk memanfaatkan kesempatan ini dan membeli buku dengan harga yang lebih terjangkau. Dari pengamatan saya, toko buku ini menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi pecinta buku di daerah tersebut.

Referensi lainnya untuk contoh observasi

Berikut adalah beberapa referensi terkait contoh observasi:

  • Scribbr – Observational Research: situs ini memberikan penjelasan tentang pengertian observasi, jenis-jenis observasi, langkah-langkah dalam melakukan observasi, dan contoh-contoh observasi dalam penelitian.
  • Simply Psychology – Observational Research: situs ini menyajikan definisi serta keuntungan dan kelemahan dari metode observasi, jenis-jenis observasi, prosedur dalam melakukan observasi, dan contoh-contoh kasus dalam mengaplikasikan metode observasi dalam penelitian.
  • Scribd – Contoh Observasi Pada Anak Usia Dini: dokumen ini berisi beberapa contoh observasi yang dilakukan pada anak usia dini dalam berbagai situasi, seperti di lingkungan keluarga, di taman bermain, atau di sekolah.

Dengan mempelajari referensi-referensi tersebut, diharapkan Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana melakukan observasi secara efektif dan efisien dalam rangka memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian yang diinginkan.

Terima kasih telah membaca pembahasan kami mengenai topik contoh observasi. Selamat belajar dan semoga tulisan ini memberikan manfaat yang besar bagi Anda.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *