Contoh Kalimat Yang Efektif Dan Tidak Efektif Dalam Bahasa Indonesia
Edukasi

Contoh Kalimat yang Efektif dan Tidak Efektif dalam Bahasa Indonesia

Contoh kalimat efektif:

  1. “Saya akan menyelesaikan tugas ini dalam dua jam.” – Kalimat ini efektif karena jelas menyatakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dan memberikan informasi yang sekiranya bisa menjadi acuan bagi pihak lainnya.
  2. “Saya akan melakukan riset tentang topik ini sebelum membuat keputusan.” – Kalimat ini efektif karena menunjukkan tindakan yang akan dilakukan sebelum membuat keputusan yang penting.
  3. “Kami butuh 50.000 lembar kertas dalam satu minggu.” – Kalimat ini efektif karena jelas merinci jumlah dan waktu yang dibutuhkan dan memberikan informasi yang diperlukan bagi staf yang bertanggung jawab untuk memenuhi permintaan tersebut.

Contoh kalimat tidak efektif:

  1. “Saya mungkin bisa menyelesaikan tugas ini dalam waktu yang singkat.” – Kalimat ini tidak efektif karena tidak memberikan informasi yang jelas tentang waktu atau apa yang dianggap sebagai waktu yang singkat.
  2. “Saya akan mencoba melakukan riset tentang topik ini.” – Kalimat ini tidak efektif karena tidak menunjukkan tindakan pasti yang akan dilakukan atau kapan akan melakukan riset tersebut.
  3. “Kami membutuhkan sejumlah kertas.” – Kalimat ini tidak efektif karena tidak jelas berapa jumlah yang dibutuhkan atau kapan waktu persediaan harus dikirimkan.

Referensi lainnya untuk contoh kalimat efektif dan tidak efektif

Untuk referensi situs, Anda dapat mengunjungi Grammarly dan Purdue OWL. Kedua situs ini menyediakan contoh kalimat efektif dan tidak efektif beserta penjelasan mengenai kaidah tata bahasa yang digunakan.

Sedangkan untuk referensi buku, Anda bisa mencari buku “The Elements of Style” karya William Strunk Jr. dan E.B. White. Buku ini menjelaskan secara detail tentang cara menulis kalimat yang efektif dan tepat menggunakan bahasa Inggris.

Tokoh referensi yang dapat Anda jadikan panutan adalah George Orwell. Ia merupakan seorang penulis dan jurnalis yang sangat vokal dalam menjunjung tinggi etika dan efektivitas penulisan. Karya-karyanya, seperti “Animal Farm” dan “1984” sangat dihargai karena ketajaman penggunaan bahasa yang efektif.

Demikianlah pembahasan kami mengenai topik contoh kalimat efektif dan tidak efektif. Selamat belajar dan semoga tulisan dari tim APEC2013.or.id ini dapat memberikan manfaat yang berharga dalam pemahaman Anda.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *