Contoh Contoh Norma Hukum Yang Berlaku Secara Formal Di Indonesia
Edukasi

Contoh-contoh Norma Hukum yang Berlaku secara Formal di Indonesia

Contoh Norma Hukum:

  1. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengatur tentang hak dan kewajiban pekerja serta pengusaha dalam hubungan kerja. Contoh norma dalam undang-undang tersebut adalah ketentuan mengenai upah minimum, jaminan sosial, dan peraturan perburuhan.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, yang memberikan pedoman bagi pengusaha untuk menetapkan gaji karyawan dengan adil dan berdasarkan kinerja dan kompetensi. Contoh norma dalam peraturan tersebut adalah ketentuan mengenai besaran upah minimum dan mekanisme penyesuaian upah.
  3. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PUU-X/2012 tentang UU Ketenagakerjaan, yang memutuskan bahwa pengusaha wajib memberikan jaminan sosial kepada pekerja yang bekerja secara paruh waktu. Contoh norma dalam putusan tersebut adalah hak pekerja paruh waktu untuk memperoleh jaminan sosial seperti pekerja fulltime.
  4. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatur tentang tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia. Contoh norma dalam undang-undang tersebut adalah ketentuan mengenai pembentukan dan pengelolaan aset daerah, pembagian kewenangan, dan hubungan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perkara Pajak, yang memberikan pedoman bagi pengusaha atau wajib pajak tentang tata cara penghitungan dan penyetoran pajak. Contoh norma dalam peraturan tersebut adalah ketentuan mengenai perhitungan pajak, ketentuan pengenaan denda atas pelanggaran pajak, dan ketentuan mengenai penyelenggaraan penagihan pajak.

Referensi lainnya untuk contoh norma hukum

Anda dapat mengunjungi situs resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (https://www.kemenkumham.go.id/) untuk mencari contoh norma hukum yang berlaku di Indonesia. Di sana, Anda dapat mencari berbagai peraturan perundang-undangan yang mengatur berbagai aspek kehidupan, seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, dan lain sebagainya.

Jika Anda mencari referensi buku, Anda dapat membaca buku-buku terkait hukum yang disusun oleh para pakar hukum Indonesia, seperti Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Prof. Dr. H. Achmad Ali, dan Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra. Buku-buku mereka banyak membahas mengenai contoh-contoh norma hukum yang ada di Indonesia.

Anda juga dapat mencari referensi dari tokoh-tokoh hukum terkenal, seperti Mahkamah Konstitusi Indonesia, Badan Pembinaan Hukum Nasional, dan Dewan Perwakilan Rakyat. Mereka memiliki peran penting dalam membentuk, membuat, dan merumuskan berbagai norma hukum yang berlaku di Indonesia.

Terima kasih telah mengikuti pembahasan kami tentang topik contoh norma hukum, untuk contoh tulisan lainnya kamu dapat merujuk pada halaman Artikel Edukasi ini. Selamat belajar dan semoga tulisan ini memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan pemahaman Anda.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *