Contoh Ancaman Non Militer: Profil Dan Implikasi Bagi Keamanan Nasional
Edukasi

Contoh Ancaman Non-Militer: Profil dan Implikasi bagi Keamanan Nasional

1. Ancaman Cybersecurity

Ancaman non-militer yang pertama adalah ancaman cybersecurity. Ancaman ini akan terus meningkat seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Ancaman cybersecurity dapat berkisar dari serangan sederhana seperti spam dan phishing hingga serangan yang kompleks seperti ransomware dan malware. Menurut laporan dari Cybersecurity Ventures, kerugian akibat cybercrime dapat mencapai $6 triliun pada tahun 2021.

2. Ancaman Perubahan Iklim

Ancaman non-militer selanjutnya adalah perubahan iklim. Perubahan iklim dapat menyebabkan ancaman terhadap keselamatan manusia melalui peningkatan frekuensi bencana alam, kekeringan, banjir, dan peningkatan suhu global. Menurut United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) ancaman perubahan iklim meningkat pesat, dan diperkirakan akan mengakibatkan dampak serius pada ekonomi global.

3. Ancaman Kesehatan

Ancaman non-militer selanjutnya adalah ancaman kesehatan. Ancaman ini termasuk penyebaran penyakit menular, epidemik dan pandemik, dan tidak terbatas pada penyakit COVID-19. Salah satu contoh ancaman kesehatan yang serius adalah virus Ebola yang menyebabkan kematian pada sebagian besar korban yang terinfeksi.

4. Ancaman Ekonomi

Ancaman non-militer terakhir adalah ancaman ekonomi. Ancaman ekonomi dapat berasal dari berbagai faktor, termasuk prestasi buruk dalam pasar saham, perubahan kebijakan perdagangan dan investasi, tekanan utang, pengeluaran negara yang berlebihan, dan pemutusan hubungan ekonomi oleh negara lain.

Dalam konteks global, ancaman ini dapat menyebabkan ketidakstabilan ekonomi dan ketidakpastian bagi bisnis dan pasar keuangan. Ancaman ekonomi dapat mengancam stabilitas dan keamanan negara untuk jangka waktu yang panjang dan membutuhkan langkah yang tepat untuk ditangani.

Referensi lainnya untuk contoh ancaman non militer

Untuk mendapatkan referensi terkait ancaman non militer, secara umum, beberapa situs yang dapat menjadi referensi yaitu:

  • Center for Strategic and International Studies: situs ini menyediakan artikel dan publikasi mengenai berbagai macam ancaman non militer, seperti ancaman terorisme, cyber security, dan ekonomi.
  • Brookings Institution: institusi ini memiliki banyak publikasi mengenai isu-isu keamanan global, di antaranya ancaman non militer seperti keamanan energi, climate change, dan konflik etnis.
  • Council on Foreign Relations: situs ini menyediakan analisis dan pandangan terkait ancaman non militer, seperti extreme ideologies, cyber attacks, dan pandemik.

Untuk buku referensi, ada beberapa buku yang bisa dijadikan referensi, seperti:

  • “Cybersecurity and Cyberwar: What Everyone Needs to Know” oleh P.W. Singer dan Allan Friedman: buku ini memberikan gambaran tentang ancaman yang timbul akibat kebocoran keamanan siber atau cyber attack.
  • “Terrorism and Counterterrorism: Understanding Threats and Responses in the Post-9/11 World” oleh Brigitte L. Nacos: buku ini membahas tentang berbagai macam ancaman terorisme dari cara pandang akademik.
  • “Threats to Global Security: Peacekeeping in the New Millennium” oleh A.W. Knight: buku ini mengulas tentang berbagai macam isu global yang dapat mempengaruhi ketahanan keamanan negara, seperti krisis ekonomi, konflik regional, dan perubahan iklim.

Tokoh referensi yang dapat dijadikan acuan untuk ancaman non militer seperti:

  • Cybersecurity and Cyber Defense: Bruce Schneier, seorang kriptografer dan penulis buku-buku keamanan siber.
  • Counterterrorism: Michael E. Leiter, mantan Direktur Nasional untuk Pusat Anti Terorisme.
  • Ekonomi: Joseph Stiglitz, seorang ekonom terkenal yang pernah menjabat sebagai Kepala Ekonom Dunia Bank dan juga pernah memenangkan Hadiah Nobel di bidang Ekonomi.
Terima kasih telah mengikuti pembahasan kami tentang topik contoh ancaman non militer, untuk contoh tulisan lainnya kamu dapat merujuk pada halaman Artikel Edukasi ini. Selamat belajar dan semoga tulisan ini memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan pemahaman Anda.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *